02099 2200241 4500001002100000005001500021035002000036245016300056100001200219250001300231300003700244856002300281260003400304082001000338084001600348020002200364600001400386520136900400990002201769990002201791990002201813990002201835INLIS00000000000663320241224082122 a0010-12240003991 aParadigma Baru Pendidikan Pancasila :bBerdasarkan Undang-Undang No.12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Panduan baru Mata Kuliah Wajib Umum /cWinarno0 aWinarno aCet.3.-- axiii, 211 hlm. ;c14,5 x 20,5 cm aIlmu - Ilmu Sosial aJakarta :bBumi Aksara,c2017 a320.5 a320.5 WIN p a978-602-217-914-6 4aPancasila aMata Kuliah Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi adalah pendidikan untuk memberikan pemahaman dan penghayatan kepada mahasiswa mengenai ideologi bangsa Indonesia. Sebagai dasar negara dan ideologi nasional, Pancasila memiliki peran penting dalam menopang keberadaan dan kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu, sudah selayaknya perlu untuk dipahami dan dihayati segenap warga bangsa termasuk mahasiswa sebagai warga muda. Buku Paradigma Baru Pendidikan Pancasila ini menawarkan kepada para pembaca, khususnya mahasiswa, dengan substansi kajian baru yang meliputi (1) Pengantar Pendidikan Pancasila, (2) Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa, (3) Pancasila sebagai Dasar Negara, (4) Pancasila sebagai Ideologi Nasional, (5) Pancasila sebagai Filsafat, (6) Pancasila sebagai Etika, dan (7) Pancasila sebagai Nilai Dasar Pengembangan Ilmu. Cakupan materi ini merupakan hasil pembaruan atas substansi kajian Pendidikan Pancasila sebelumnya, yakni kajian Pendidikan Pancasila berdasar Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 38/Dikti/Kep/2002. Pembaca nantinya akan menemukan sajian materi yang disusun secara sistematis, berkesinambungan, ringkas, dan dengan bahasa yang mudah dimengerti. Amat baik digunakan sebagai sumber belajar untuk perkuliahan Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi untuk semua bidang jenjang sarjana maupun diploma. a155 221 337 21719 a155 221 337 21720 a155 221 337 21721 a155 221 337 21722